Langsung ke konten utama

TUGAS 1 - KEWIRAUSAHAAN


KEWIRAUSAHAAN
Image result for kewirausahaan

Kewirausahaan dalam bahasa Inggris disebut dengan entrepreneurship. Kewirausahaan atau wirausaha merupakan sebuah proses untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut dapat berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya[butuh rujukan] dan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.




Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti kewirausahaan, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:
1.         Drs. Joko Untoro
Menurut Drs. Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
2.        Eddy Soeryanto Soegoto
Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.
3.        Ahmad Sanusi
Menurut Ahmad Sanusi, definisi kewirausahaan  adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
4.        Soeharto Prawiro
Menurut Soeharto Prawiro, pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.
5.        Peter Drucker
Menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.
6.        Zimmerer
Menurut Zimmerer, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis
7.        Siswanto Sudomo
Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Ciri-Ciri Orang yang Punya Jiwa Kewirausahaan
1.         Mempunyai keberanian dan daya kreasi yang tinggi
2.         Mempunyai semangat tinggi dan kemauan keras
3.         Mempunyai daya analisis yang baik
4.         Berjiwa pemimpin dan tidak berperilaku konsumtif
5.         Membuat keputusan dan melaksanakannya
6.         Memiliki pengabdian yang besar terhadap bisnisnya

Tujuan Seseorang Berwirausaha
1.         Membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain dan membantu mereka untuk menjadi pengusaha mandiri.
2.         Menciptakan jaringan bisnis baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja di sekitarnya.
3.         Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan juga masyarakat di sekitar usaha yang dijalankan dengan membuka lapangan kerja.
4.         Menularkan dan mengembangkan semangat berwirausaha kepada orang lain.
5.         Membantu para pengusaha muda untuk berkreasi dan berinovasi.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBANDINGAN REVIEW JURNAL 1 DAN 2 - TUGAS METODE PENELITIAN

Jurnal 1 :  PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENGONTROLAN PERSEDIAAN RETAIL ELEKTONIK  Penulis : Sri Hartini, Yonas Adi A Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro Semarang Jl. Prof Sudarto, SH., Semarang Link Jurnal :  https://drive.google.com/open?id=0BwNyyjNrHclyRE5reFZnLUFVWDQ Jurnal 2 :  OPTIMASI EKSTRAKSI PROPOLIS MENGGUNAKAN CARA MASERASI DENGAN PELARUT ETANOL 70% DAN PEMANASAN GELOMBANG MIKRO SERTA KARAKTERISASINYA SEBAGAI BAHAN ANTIKANKER PAYUDARA Penulis : Akhmad Endang zainal Hasan, Djumali Mangunwidjaja, Titi Candra Sunarti, Ono Suparno, dan Agus Setiyono Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB Kampus, IPB Darmaga. Link jurnal :  https://drive.google.com/open?id=0BwNyyjNrHclySXBvXzhrczJHemc                                              NO POINT JURNAL 1 JURNAL 2 1   Latar Belakang Dengan adanya berbagai produk inovatif

TUGAS ETIKA PROFESI

Nama                : Veranita Crisanti R Kelas                : 4ID06 NPM                : 37415016 Teknik Industri Universitas Gnadarma LAMBANG ORGANISASI PROFESI 1.     PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA (PWI)   §   Persatuan Wartawan Indonesia bergerak dibidang jurnalistik.        §   Arti Lambang PWI:       -   Dasar bentuk warna hitam, segi lima melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil,             yakni Pancasila.       -   Dasar bentuk bagian dalam:      a.        Lidah api semangat (merah)      b.       Pena mas (kuning mas)      c.        Lensa kristal (hitam/putih)      d.       Inisial PWI (putih)      -   Diwujudkan dalam bentuk pohon beringin, yang melambangkan pengayoman bagi kehidupan pers       umumnya dan karyawan pers khususnya.      -   Huruf lingkar Persatuan Wartawan ditempatkan di atas, sebagai atap pelindung. Huruf lingkar           Indonesia ditempatkan dibagian bawah sebagai tempat berpijak dimana PWI berada. 

Tugas 2 - Pentingnya Jiwa Entrepreneur Bagi Mahasiswa

PENTINGNYA JIWA ENTREPRENEUR BAGI MAHASISWA Jiwa entrepreneur sangatlah penting dan bagus ditanamkan ke diri seorang mahasiswa sejak dini, karena akan menimbulkan rasa percaya diri dan penuh motivasi untuk mecoba hal baru dan pastinya membuat mahasiswa lebih berani dalam melangkah. Entrepreneur sendiri memiliki arti yaitu seseorang yang melakukan ativitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakan mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyususn manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya. Jika jiwa entrepreneur sudah ditanamkan kepada diri kita makan kita akan memiliki beberapa keuntungan yaitu, kesempatan untuk mewujudkan cita-cita, kesempatan untuk menciptakan perubahan, untuk mencapai potensi penuh pada diri anda, untuk menuai keuntungan yang mengesankan, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan untuk usaha anda serta dapat melakukan apa yang disukai dan bersenang-senang.