Langsung ke konten utama

Tugas 2 - Pentingnya Jiwa Entrepreneur Bagi Mahasiswa


PENTINGNYA JIWA ENTREPRENEUR BAGI MAHASISWA
Jiwa entrepreneur sangatlah penting dan bagus ditanamkan ke diri seorang mahasiswa sejak dini, karena akan menimbulkan rasa percaya diri dan penuh motivasi untuk mecoba hal baru dan pastinya membuat mahasiswa lebih berani dalam melangkah. Entrepreneur sendiri memiliki arti yaitu seseorang yang melakukan ativitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakan mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyususn manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.
Jika jiwa entrepreneur sudah ditanamkan kepada diri kita makan kita akan memiliki beberapa keuntungan yaitu, kesempatan untuk mewujudkan cita-cita, kesempatan untuk menciptakan perubahan, untuk mencapai potensi penuh pada diri anda, untuk menuai keuntungan yang mengesankan, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan untuk usaha anda serta dapat melakukan apa yang disukai dan bersenang-senang.
Proses untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dalam diri seorang mahasiswa juga tidaklah mudah, banyak sekali kendala yang dihadapi seperti takut untuk mencoba, keterbatasan modal, inovasi dan niat. Keempat kendala tersebut dapat diatasi apabila diri kita memiliki pemikiran yang positif dan juga kreatif. Mahasiswa sebagai calon penerus bangsa harus menyikapi itu dengan baik untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada.
Untuk menjadi seorang entrepreneur hal yang harus kita lakukan adalah menggali diri, yaitu melihat karakter seseorang, khususnya pada hal-hal yang menjadi kebiasaan. Wirausahawan atau entrepreneur memiliki enam karakter utama yaitu Focus, Advantage, Creativity, Ego, Team dan Social. Setelah menggali diri kita bisa memulai untuk membuka suatu usaha, dalam memulai suatu usaha terdapat 4 kategori menjadi wirausahawan yaitu penemu, inovator, marketer dan juga oportunis. Penemu yaitu mendefinisikan konsep, unik, baru, penemuan atau metodologi. Inovator yaitu menerapkan sebuah teknologi baru atau metodologi untuk memecahkan masalah baru. Marketer yaitu mengidentifikasi kebutuhan pasar dan memenuhinya dengan produk baru atau produk substitusi yang lebih efisien. Oportunis yaitu pada dasarnya sebuar broker, pialang, yang menyesuaikan antara kebutuhan dengan jasa yang diberikan dan komisi. Dalam memulai usaha juga membutuhkan kemampuan yang diperlukan tak lupa dalam sebuah proses pembentukan pastinya terdapat kesalahan, namun setiap permasalahan pasti ada solusinya sehingga kita tidak perlu takut atau khawatir untuk mencoba.

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Wirausahawan ; https://www.kompasiana.com/ikhsanarifqi/5c2643d0ab12ae6e296c383a/pentingnya-menumbuhkan-jiwa-entrepreneur-bagi-mahasiswa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBANDINGAN REVIEW JURNAL 1 DAN 2 - TUGAS METODE PENELITIAN

Jurnal 1 :  PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENGONTROLAN PERSEDIAAN RETAIL ELEKTONIK  Penulis : Sri Hartini, Yonas Adi A Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro Semarang Jl. Prof Sudarto, SH., Semarang Link Jurnal :  https://drive.google.com/open?id=0BwNyyjNrHclyRE5reFZnLUFVWDQ Jurnal 2 :  OPTIMASI EKSTRAKSI PROPOLIS MENGGUNAKAN CARA MASERASI DENGAN PELARUT ETANOL 70% DAN PEMANASAN GELOMBANG MIKRO SERTA KARAKTERISASINYA SEBAGAI BAHAN ANTIKANKER PAYUDARA Penulis : Akhmad Endang zainal Hasan, Djumali Mangunwidjaja, Titi Candra Sunarti, Ono Suparno, dan Agus Setiyono Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB Kampus, IPB Darmaga. Link jurnal :  https://drive.google.com/open?id=0BwNyyjNrHclySXBvXzhrczJHemc                                              NO POINT JURNAL 1 JURNAL 2 1   Latar Belakang Dengan adanya berbagai produk inovatif

TUGAS ETIKA PROFESI

Nama                : Veranita Crisanti R Kelas                : 4ID06 NPM                : 37415016 Teknik Industri Universitas Gnadarma LAMBANG ORGANISASI PROFESI 1.     PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA (PWI)   §   Persatuan Wartawan Indonesia bergerak dibidang jurnalistik.        §   Arti Lambang PWI:       -   Dasar bentuk warna hitam, segi lima melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil,             yakni Pancasila.       -   Dasar bentuk bagian dalam:      a.        Lidah api semangat (merah)      b.       Pena mas (kuning mas)      c.        Lensa kristal (hitam/putih)      d.       Inisial PWI (putih)      -   Diwujudkan dalam bentuk pohon beringin, yang melambangkan pengayoman bagi kehidupan pers       umumnya dan karyawan pers khususnya.      -   Huruf lingkar Persatuan Wartawan ditempatkan di atas, sebagai atap pelindung. Huruf lingkar           Indonesia ditempatkan dibagian bawah sebagai tempat berpijak dimana PWI berada.